1 1. Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
2. Perbedaan website biasa dengan media social
· Website
Website atau situs web adalah satu satu jenis media online, yaitu halaman yang berisi beragam informasi dengan satu doman web. Google, Facebook, Detikcom, Yahoo, termasuk website sekaligus media online.
· Media social
Media sosial adalah tempat berkumpulnya calon pelanggan dan pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menawarkan produk
Perbedaan Website dan Media Sosial
WEBSITE
|
MEDIA SOSOAL
|
Informasi yang disampaikan focus pada topik tertentu
|
Informasi dalam satu akun dapat bermacam-macam
|
Pengetahuan website dibutuhkan untuk membuatnya
|
Mudah dibuat,cukup memiliki e-mail dan media sosial
|
Memiliki media berupa forum dan butuh admin webmaster
|
Dapat membuat group dengan mudah dan siapapun dapat menjadi admin
|
Produk ditawarkan melalui etalase virtual
|
Produk dapat ditawarkan dalam halaman khusus ( fanpage)
|
Perlu plugin atau code program untuk menambah fasilitas online chat
|
Sudah terhubung onlaine dan dapat langsung onlaine chat
|
Mesin pencari lokal
|
Mesin pencari yang terhubung dengan jaringan dalam media sosial
|
Terdapat pertemanan dimana berkumpulnya calon pelanggan
|
Dapat dikunjungi siapa saja kapan saja tanpa adanya pertemanan
|
3. Membuat Media Sosial
· Cara Membuat Akun Facebook (FB)
1. Kunjungi laman depan facebook.com dengan mengklik link tsbt. Lalu kamu akan dibawa kehalaman seperti gambar dibawah ini, disini pilih dan tap di tombol hijau “Buat akun Baru“.
2. Isi form pendaftaran yang diminta
Lengkapi biodata dengan tepat, nama lengkap diisi dengan nama kamu yang sebenarnya. Lalu isikan email atau nomor telepon yang masih aktif di kolom selanjutnya. Pilih jenis kelamin dan tanggal lahir kamu. Lalu terakhir baru isikan kata sandi. Jika sudah semua terisi lengkap, langsung saja klik daftar
3. Akun facebook sudah siap dan berhasil dibuat.
Jika kamu sudah mengisi dengan benar, akun kamu akan langsung jadi, tanpa perlu ulang- ulang dalam mendaftar. Langsung saja ok.
4. Segera cek email konfimasi akun.
Sebelum mulai menggunakan facebook, terlebih dahulu konfirmasi fb kamu dengan cara masuk ke inbox email kamu, lalu cari pesan dari facebook dengan judul/subjek “Konfirmasikan akun facebook anda”. Buka pesan tersebut. Akan keliatan pesan email seperti dibawah email.
5. Jika diminta masukkan nomor telepon. Masukkan saja untuk keamanan akun. Jika sudah mengisi nomor ponsel kamu jangan lupa klik lanjutkan.
6. Tambahkan foto profil kamu. (Tidak wajib, bisa di skip).
Disini kamu akan diminta untuk menambahkan foto, sebaiknya tidak menskip tahap ini ya!! Akun facebook tanpa foto membuat tidak menarik dan kawan-kawanmu di FB bisa ragu untuk berteman dengan kamu, karena tidak bisa melihat wajah pemilik akun.
Klik di tambahkan foto dan pilih foto yang pantas untuk profil akun fb, karena foto profil akan ditampilkan untuk pemirsa publik.
Foto sudah ter-upload di facebook dan jadikan foto profil dengan mengklik di tulisan “jadikan sebagai foto profil”.
7. Isi info latar belakang kamu, agar memudahkan untuk menemukan kawan-kawanmu di facebook.
Lengkapi kota tempat tinggal, dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan kawan- kawan sedaerah tempat mu tinggal.
Dengan melengkapi latar belakang pendidikan, facebook akan memudahkan kamu menemukan teman yang bersekolah di tempat yang sama denganmu.
Jika kamu tidak ingin melanjutkan mengisi latar belakang langsung klik “Lewati” dan akan diarahkan ke laman beranda.
10. Akunmu sudah berhasil diatur dan kamu sudah bisa pakai facebook untuk keperluanmu.
itulah cara mendaftar facebook di HP kamu lewat browser, jika dibandingkan dengan mendaftar diaplikasi facebook sendiri cara ini lebih panjang. Tapi gak sulit kan
· Cara Membuat Akun Instagram (IG)
- Unduh aplikasi Instagram dari App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android).
- Setelah aplikasi terinstal, ketuk gambar instagram untuk membukanya.
- Ketuk Daftar dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun Baru (iPhone), lalu masukkan alamat email atau nomor telepon (yang akan memerlukan kode konfirmasi), lalu ketuk Berikutnya. Anda juga bisa mengetuk Login dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook.
- Jika Anda mendaftar dengan alamat email atau nomor telepon, buat nama pengguna dan kata sandi, lengkapi info profil Anda, lalu ketuk Berikutnya. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook apabila Anda telah logout.
4. Macam-Macam
Pemasaran Media Sosial
·
Facebook
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook
·
Twitter
Twitter (/ˈtwɪtər/) adalah layanan jejaring
sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07
November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan
(tweet).
·
Media Viral
Marketing
·
Pinterest
Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah
foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album
atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori 'food and drink'
di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman. Anda juga bisa mengikuti
akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa
harus mengikuti pemilik pinboard.
·
LinkedIn
LinkedIn adalah situs
web jaringan
sosial yang
berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional
5. Pemasaran Menggunakan Media Sosial
1. Facebook
5. Pemasaran Menggunakan Media Sosial
1. Facebook
2. Instagram
6. Viral
Marketing
- Fungsi Viral Marketing
Viral marketing berfungsi untuk mendorong seseorang agar
menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan
berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang
kuat terhadap produk yang ditawarkan.Viral marketing sendiri sebenarnya mirip
dengan strategi marketing dari mulut ke mulut, atau yang biasa disebut dengan
word of mouth. Cara ini cukup efektif, mengingat kebanyakan masyarakat lebih
mempercayai sebuah produk yang direkomendasikan dari teman atau orang terdekat
lainnya.
·
Faktor
Pendukung Viral Marketing
Kriteria pendukung yang harus diperhatikan
dalam Viral marketing menurut Wiranaga (2003:97) adalah sebagai berikut:
1. Produknya berkualitas dan memang diperlukan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu asing bagi konsumen, apalagi yang masih kontroversial.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan mudah dimengerti.
4. Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam bentuk apapun.
10. Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
11. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang memberikan program
1. Produknya berkualitas dan memang diperlukan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu asing bagi konsumen, apalagi yang masih kontroversial.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan mudah dimengerti.
4. Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam bentuk apapun.
10. Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
11. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang memberikan program
·
Kelebihan
Viral Marketing
Kelebihan
utama viral marketing menurut Richardson (10) :
− Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol.
− Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,
sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
− Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
− Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
− Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
− Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
− Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol.
− Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,
sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
− Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
− Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
− Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
− Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
1. Email
Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk
mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur
jaringan komputer dan internet.
2. Blog
Blog berasal dari dua suku kata, yakni
Web dan Log (Weblog) yang dapat diartikan sebagai catatan harian. Yang dimaksud
catatan harian disini merupakan catatan atau tulisan yang disimpan secara
online dan terdapat dalam sebuah halaman web. Dapat disimpulkan bahwa Blog
adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian
artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk
umum.
3. Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur
sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang dijalin dengan satu atau lebih
tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
4. Video Viral
Video viral adalah sebuah video yang
menjadi populer melalui proses viral dari pembagian Internet, biasanya melalui
situs web berbagi video, media sosial dan surat elektronik.
5. Viral e-Book
e-book viral
kemungkinan adalah bentuk pemasaran viral yang paling mudah dan paling efektif.
E-book viral harus mempunyai link untuk kembali ke website, produk dan pogram
affliasi agar dapat menyukseskan promosi bisnis. Pemasaran viral adalah cara
yang sangat baik untuk mendapatkan penerima e-book mempromosikan kita sebagai
pemilik e-book kepada langganan mereka, teman dan siapapun yang membutuhkan.
Penerima yang berikut selanjutnya akan mempromosikan e-book tersebut kepada
pihak lain dan demikian seterusnya. Hal tersebut merupakan sebuah metode yang
sangat efektif dalam pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar